Catat! Berikut 5 Tips Memilih Batik Agar Tidak Salah Pilih

Tips Memilih Batik – Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang patut untuk dijaga dan dilestarikan. Menjadi kebanggaan tersendiri jika mengenakan batik. Tak heran bila hampir semua orang pasti memiliki batik. Batik yang menjadi identitas suatu bangsa ini mulai booming kembali pada akhir dekade ini. Dulu para anak muda seolah enggan mengenakan batik karena dianggap kuno atau terkesan tua saat memakainya. Namun, di era mileniall ini, batik kembali dipuja para anak muda dan tak lagi enggan bahkan bangga saat memakainya, mulai dari fashion kuliah, kantor bahkan fashion sehari-hari. Batik kini menjadi fashion yang digandrungi banyak anak muda. Batik memiliki beragam warna dan motif yang unik. Sebagian besar daerah di Indonesia pasti memiliki jenis dan motif yang khas. Oleh sebab itu, ada banyak pilihan warna dan motif batik di Indonesia yang kadang membuat galau para pembeli ingin memilih batik yang mana. Baca juga:Batik di Jogja Murah dengan Berbagai Motif CantikBatik di Jogja dengan Kualitas Terbaik Nah, jika Anda salah satu orang yang memang gemar mengoleksi batik atau memang ingin membeli batik untuk acara tertentu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. So, berikut ini tips memilih batik agar Anda tak salah pilih.

tips memilih batik
foto dari @batiknamburan

Berikut Beberapa Tips Memilih Batik

1. Fitting

Fitting atau ukuran pada batik umumnya selalu menjadi masalah. Tak sedikit pakaian batik yang sudah jadi memiliki ukuran yang tidak sesuai, misalnya ukuran lengan yang terlalu lebar atau terlalu panjang. Dalam memiliki pakaian, salah satunya pakaian batik, ukuran memang selalu menjadi yang utama: tidak terlalu kebesaran ataupun tidak terlalu kekecilan. Selain itu, pastikan juga ukuran batik tersebut tidak terlalu panjang ataupun tidak terlalu pendek. Semahal apapun batik yang Anda beli, jika kurang pas atau tidak nyaman saat dikenakan maka penampilan Anda saat mengenakan batik tersebut pun jadi terlihat kurang menarik. Oleh sebab itu. Sebelum memilih batik, pastikan untuk fitting terlebih dahulu.

2. Bahan

Kualitas batik bisa ditentukan dari jenis bahannya. Bahan kain yang digunakan untuk batik begitu beragam, mulai dari kain biasa hingga kain sutra. Biasanya, bahan sutra digunakan untuk batik premium atau baik kelas atas. Batik jenis sutra memang bahannya sangat nyaman, terlebih saat dikenakan. Namun, harga batik dengan bahan jenis ini biasanya tinggi jika dibandingkan dengan batik berbahan biasa. Selain jenis bahannya, cara membatik juga menjadi salah satu pengaruh yang membuat harga batik jadi tinggi. Misalnya batik tulis yang harganya lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga batik lukis. Oleh sebab itu, sebelum membeli batik, pastikan Anda batik yang Anda beli disesuaikan dengan budget Anda. Dan pastikan juga batik yang Anda kenakan nyaman dan pas di badan.

3. Warna

Umumnya, batik memiliki perpaduan dari warna “tanah” serta warna corak/motif batik. Untuk memilih warna, yang perlu Anda perhatikan yaitu pastikan warna “tanah” menjadi warna dasar atau warna dominan batik. Warna dasar ini yang dapat dijadikan sebagai patokan Anda saat akan memilih batik untuk Anda padu-padankan dengan pakaian yang akan Anda kenakan, baik untuk ke kampus, kondangan, wisuda, dan lainnya. Untuk acara-acara kasual, Anda bisa menggunakan warna-warna yang lebih ceria atau cerah, misalnya: kuning, merah, biru, ungu, dan lain sebagainya. Untuk acara-acara formal, Anda bisa menggunakan warna monokrom atai warna gelap.

4. Motif

Kita harus bangga dengan Indonesia karena kekayaan budaya Indonesia, bahkan bukan hanya budaya, melainkan suku, ras serta agama. Oleh sebab itu, setiap daerah memiliki corak/motif batik yang berbeda-beda yang menjadikannya begitu unik. So, tak ada salahnya jika meng-explore berbagai ornamen/motif batik yang khas juga unik. Pastikan juga bahwa antara motif dan warnanya memiliki perpaduan warna dasar yang pas dan juga serasi.

5. Casual atau Formal

Tips memilih batik berikutnya yaitu pastikan sebelum memilih batik Anda sudah tahu kegunaan baju batik tersebut apakah untuk keperluan formal, semi formal atau casual. Anda sesuaikan saja modelnya kira-kira lebih tepat digunakan untuk keperluan formal ataukah casual. Patokannya yaitu Anda bisa perhatikan motif serta warna dasarnya. Batik untuk casual biasanya bermotif flora atai fauna dan biasanya memiliki warna dominan terang. Sedangkan batik formal biasanya memiliki hanya satu motif dengan warna-warna yang lebih kalem. Nah, itulah beberapa tips memilih batik agar Anda tidak salah beli. Di Indonesia ada banyak motif dan jenis batik, jika Anda mencari batik di Jogja, Batik Namburan adalah pilihan tepat. Batik Namburan ini merupakan batik kontemporer di Yogyakarta berkualitas terbaik, murah meriah, memiliki berbagai motif cantik dan cocok untuk para milenial. Baca juga: Rekomendasi Batik di Yogyakarta untuk Para MileniaBatik Kontemporer Diganjar Dekoya Award 2019 Jadi, Batik Namburan ini berada di jalan Sadewa, no. 3, Wirobrajan, Yogyakarta. Kami buka dari pukul 8 pagi hingga 6 sore. Untuk hari sabtu dan minggu, kami tutup. Selamat hunting batik cantik di Batik Namburan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *